Analisis Uji Konsumsi Energi Mobil Listrik Inovasi Karya Nusa (IKN) Menggunakan Baterai 72V 100 Ah
Mobil Listrik
Kata Kunci:
Mobil listrik, baterai, konsumsi energiAbstrak
Pencemaran udara di indonesia yang terus meningkat salah satunya penyumbang terbesar polusi udara ialah emisi gas buang dari kendaraan konvensional, salah satu upaya pemerintah dalam menurunkan ialah dengan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai. Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu menggunakan kecepatan mobil dengan variasi 20, 30, 40 Km/Jam dengan variabel terikat Power kWh, Tegangan baterai (V), dan Kuat arus (A) dengan pengujian dilakukan dimedan atau lintasan yang telah ditentukan dan menggunakan Baterai 72V 100Ah untuk mencari Konsumsi Energi. Pada penelitian analisis konsumsi energi pada mobil listrik Inovasi Karya Nusa (IKN) dengan menggunakan baterai 72V 100 ah dengan variasi kecepatan 20 Km/Jam, 30 Km/Jam, 40 Km/Jam dengan jarak yang telah ditentukan yaitu 11,5 Km di lintasan jalan masuk Universitas Balikpapan. Dengan hasil ini menjelaskan bahwa pada kecepatan 40 Km/jam, nilai kecepatan semakin tinggi maka konsumsi energi yang digunakan semakin tinggi, dibanding dengan kecepatan 30 Km/Jam dan di kecepatan 20 Km/Jam menggunakan konsumsi energi yang besar yang diakibatkan torsi awal yang besar dan konstan pada kecepatan tersebut membuat konsumsi energi yang digunakan semakin besar disbanding kecepatan 30 Km/Jam dan 40 Km/Jam dengan begitu kecepatan 30 Km/Jam jauh lebih hemat dan irit dibandingkan kecepatan 20 Km/Jam dan 40 Km/Jam. Semakin tinggi torsi yang dibutuhkan maka semakin tinggi pula konsumsi energi yang diperlukan begitu pula kecepatan,semakin tinggi kecepatan maka semakin tinggi pula konsumsi energi yang diperlukan. Ada beberapa faktor dari kendaraan dapat mempengaruhi konsumsi energi diantaranya system kemudi, tekanan angin ban, suhu baterai, dan faktor diluar kendaraan seperti kondisi lingkungan atau kondisi track dan perilaku mengemudi dari pengendara (driver).
Referensi
Presiden Republik Indonesia, “Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 Tentang Percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan,” Republik Indonesia., no. 55, pp. 1–22, 2019.
M. Aziz, Y. Marcellino, I. A. Rizki, S. A. Ikhwanuddin, and J. W. Simatupang, “Studi Analisis Perkembangan Teknologi Dan Dukungan Pemerintah Indonesia Terkait Mobil Listrik,” TESLA J. Tek. Elektro, vol. 22, no. 1, p. 45, 2020, doi: 10.24912/tesla.v22i1.7898.
A. W. Satria, “Analisis Konsumsi Energi Menggunakan Profil Kecepatan Pada Kendaraan Listrik,” Universitas Indonesia. Libr., 2012.
A. Nurtriartono, “Rancang Bangun Dan Uji Peforma Axial Brushless DC Motor Dengan Daya Output 2000 Watt,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember ., 2014.
J. Jatmiko, A. Basith, A. Ulinuha, M. A. Muhlasin, and I. S. Khak, “Analisis Peroforma dan Konsumsi Daya Motor BLDC 350 W pada Prototipe Mobil Listrik Ababil,” Emit. J. Tek. Elektro, vol. 18, no. 2, pp. 55–58, 2018, doi: 10.23917/emitor.v18i2.6348.
A. Fauzi, “Analisa Konsumsi Daya Motor Listrik Pada Sepeda Motor Hybrid Dengan Variasi Laju Kecepatan Berbasis Microcontroller,” Skripsi, no. Tegal : Universitas Pancasakti Tegal, 2020.
M. B. Dwifa and Munadi, “Pengujian Efisiensi Energi Motor BLDC 72 Volt – 7kW untuk Aplikasi Model Electric Urban Car,” Pros. Seminar . Nasional. ReTII ke-10 2015, pp. 2–7, 2017.
N. Masudi, “Desain Controller Motor Bldc Untuk Meningkatkan Performa ( Daya Output ) Sepeda Motor Listrik,” pp. 1–65, 2014.
I. Zidni, “Analisis Efisiensi Pengisian Muatan Baterai Lithium Iron Phosphate ( Lifepo4 ),” J. Univ. Islam Indonesia.