ANALISIS PERBANDINGAN LAJU KEAUSAN KAMPAS REM BELAKANG SEPEDA MOTOR LISTRIK INOVASI KARYA NUSA (IKN) UNIBA

Penulis

  • WARDHANA Universitas Balikpapan
  • Budha Maryanti Universitas Balikpapan
  • Siska Ayu Kartika Universitas Balikpapan

Kata Kunci:

Kampas rem pasific, KMJG, Laju Keausan, Umur Pakai

Abstrak

Kemampuan sistem pengereman di kendaraan bermotor menjadi suatu yang penting karena mempengaruhi keselamatan berkendara. Kampas rem merupakan suatu komponen yang sangat penting pada sistem pengereman kendaraan, terkait dengan faktor keselamatan dalam berkendara. Tingkat laju keausan pada kampas rem dan umur pakaig harus diperhatikan, begitu pula dengan merk dan kualitas pada saat pemilihan jenis kampas rem yang akan digunakan untuk jangka panjang kedepannya. Segala sesuatu yang begesakan pasti akan berkurang seiring dengan pemakaian. Penelitian yang dilakukan ini untuk menguji perbandingan kampas rem yang bertujuan untuk mencari nilai laju keausan dan juga umur pakai sesuai dengan kampas rem belakang yang digunakan yaitu merk Pacific dan KMJG.

Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Universitas Balikpapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji performa pengereman kampas rem Pacific dan KMJG pada kecepatan 20, 30 dan 40 kilometer per jam.. Pengujian sepeda motor listrik dengan hand-held pallet pada sistem pengereman roda belakang dilakukan pada kecepatan yang telah ditentukan dalam keadaan standby atau diam untuk melihat seberapa efektif pedal rem dapat menghentikan sepeda. Kampas rem dalam sampel Pasifik memiliki tingkat keausan 0,5286 gr/mm2.detik. Ini lebih rendah dari tingkat keausan liner dalam sampel Eropa, yaitu 0,6875 gr/mm2.detik. Kampas rem dengan nilai keausan tertinggi adalah kampas rem KMJG dengan nilai 2,1418 gr/mm2.detik.

Referensi

Purkuncoro Eko Aladin, ''Analisis Perbandingan Laju Keausan Kampas Rem Cakram Sepeda Motor" JurusanTeknikMesin, FakultasTeknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang Jl. Sigura – gura No 2, Malang 65145, Indonesia Email: [email protected]

I. E. Putra and J. Agusti, “Analisa Pengaruh Beban Pengereman Dan Variasi Merk Kampas Rem Terhadap Keausan Kampas Rem” J. Mek., vol. 3, no. 2252, pp. 58–66, 2019.

A. Multazam, A. Zainuri, and S. Sujita, “Analisa Pengaruh Variasi Merek Kampas Rem Tromol Dan Kecepatan Sepeda Motor Honda Supra X125 Terhadap Keausan Kampas Rem” Din. Tek. Mesin, vol. 2, no. 2, pp. 100–107, 2012, doi: 10.29303/d.v2i2.101.

Pratama Rizki. P, dan Hajar Ibnu, "Desain Sistem Pengereman Regeneratif Pada Sepeda Listrik Ringkas" 2021. Energi dan Kelistrikan: Jurnal Ilmiah Vol. 13, No. 1, Januari - Juni 2021, P-ISSN 1979-0783, E-ISSN 2655-5042 https://doi.org/10.33322/energi.v13i1.1058

Taufik Ahmad dan Darmanto, "Analisis Keausan Kampas Rem Pada Disc Brake Dengan Variasi Kecepatan" 2018. Momentum, Vol. 14, No. 1, April 2018, Hal. 27-32 ISSN 0216-7395

Zakaria Muhammad, "Analisis Kampas Rem Komposit Dari Karbon Kulit Buah Mahoni dan Abu Layang (Fly Ash) Batu Bara Serta Sifat-Sifat Fisikanya" 2018. Skripsi Program Studi Fisika Universitas Negeri Semarang

P. D. Suiyono, "Perhitungan Keausan Berbasis Fem Pada Sistem Rolling-Sliding Contact" 2016.

S. Azis and M. Zakinura, “Analisa Umur Pakai (Lifetime) Ball Bearing Tipe UCF 4 Bolt Flange Unit Pada Mesin Spin Coating Abrasive Clutch Test di PT XY mengukur ketebalan permukaan Clutch setelah diuji pada mesin Spin Coating Abrasive Clutch Test. Mesin ini dan kualitas hasil penelitian Politek. negeri jakarta, vol. 16, no. 3, pp. 269–276, 2017.

P. I. Purboputro and B. A. Prabowo, “Analisa Pengaruh Serat Rami dan Fiberglass dengan Variasi Butiran Kuningan (Cu-Zn) Mesh 40,50,60 Terhadap Nilai Kekerasan, Keausan, dan Koefisien Gesek Kampas Rem” Media Mesin Maj. Tek. Mesin, vol. 20, no. 2, pp. 32–40, 2019, doi: 10.23917/mesin.v20i2.8533.

B. A. B. Ii, “Gambaran Umum Rem Sepeda Motor,” pp. 8–32, 1902

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-13

Cara Mengutip

WARDHANA, D., MARYANTI, B., & Siska Ayu Kartika. (2022). ANALISIS PERBANDINGAN LAJU KEAUSAN KAMPAS REM BELAKANG SEPEDA MOTOR LISTRIK INOVASI KARYA NUSA (IKN) UNIBA. Jurnal Rekayasa Mesin Dan Inovasi Teknologi, 3(1), 179–184. Diambil dari https://jurnal.ftm.uniba-bpn.ac.id/index.php/REMIT/article/view/42

Terbitan

Bagian

Articles