Modifikasi Dan Uji Performa Sepeda Motor Konversi Listrik BLDC

Sepeda Motor Konversi Listrik

Penulis

  • Agus Nurtriartono Universitas Balikpapan
  • Tri Setia Putra Universitas Balikpapan
  • Maulana M. Ali Safe'i Universitas Balikpapan

Kata Kunci:

Sepeda motor, konversi, dynotest, performansi

Abstrak

Krisis energi dan krisis iklm yang terjadi didunia diakibatkan karena penggunaan energi fosil berbahaya karena menyebabkan kenaikan emisi gas rumah kaca sehingga iklim menjadi tidak stabil, oleh sebab itu perlu direalisasikan pergantian energi berbahan fosil menjadi energi terbarukan dengan mengonversikan kendaraan menjadi listrik, untuk itu dibuatlah sepeda motor konversi listrik. Performa yang dihasilkan diharapkan dapat maksimal untuk mengganti sepeda motor konvensional. Penelitian ini menggunakan variable bebas yang dimana pada penelitian ini adalah arus (I). controller yang digunakan berupa controller 30A dan 45A.Variabel terikat dalam penelitian ini adalah torsi (Nm), Daya  (P), putaran mesin (RPM) yang didapatkan dari pengujian Dynotest.Variabel kontrol di dalam penelitian ini adalah tegangan (V) sebesar 2 kW sesuai dengan PERMENHUB RI No 65 Tahun 2020. Hasil uji performa yang diperoleh  Dynotest  pada sepeda motor sebelum dikonversi didapatkan hasil uji performa yaitu torsi 9,5 Nm pada 4169 RPM dan Daya  5,8 HP pada 3648 RPM, sepeda motor setelah dikonversi controller 30A didapatkan hasil uji performa yaitu torsi 16,22 Nm pada 1714 RPM Daya 6,1 HP pada 4671 RPM, sepeda motor setelah dikonversi controller 45A didapatkan hasil uji performa  terbaiknya yaitu torsi 18,61 Nm pada 1141 RPM dan Daya 6,1 HP pada 5094 RPM. Modifikasi pada sepeda motor ini mengganti sistem penggerak menggunakan motor listrik BLDC, mengganti sumber tenaga menggunakan baterai, dan sedikit mengubah rangka dengan menambahkan braket sebagai tempat baterai. Kesimpulannya modifikasi sepeda motor konversi ini cukup baik dalam menghadapai krisis energi yang dimana ketergantungan menggunakan bahan bakar fosil seperti bahan bakar minyak karena sepeda motor konversi listrik ini merupakan salah satu bentuk energi baru terbarukan. Sepeda motor konversi ini juga salah satu bentuk upaya dukungan untuk pemerintah untuk menerapkan kendaraan listrik di Indonesia.

Referensi

F. Zainuri, A. Apriana, D. Dedi, and D. Haryadi, “Optimalisasi Rancang Bangun Mobil Listrik Sebuah Studi Kendaraan Hemat Energi Sebagai Bagian Solusi Alternatif Krisis Energi Dunia,” Politeknologi, vol. 14, 2015.

Z. Rinaldi, “Uji Performa Sepeda Motor Listrik Manuntung Dengan Variasi Arus,” Balikpapan, 2021.

Y. Li, X. Shi, and B. Su, “Economic, social and environmental impacts of fuel subsidies: A revisit of Malaysia,” Energy Policy, vol. 110, pp. 51–61, 2017,doi: 10.1016/j.enpol.2017.08.015.

Kristyadi Tarsius, M. Said, M. Farhan, and D. L. L, “Konversi Sepeda Motor Berbahan Bakar Bensin Menjadi Bertenaga Listrik,” Desimenasi FTI, pp. 1–13, Sep. 2021.

Kementrian PerHubungan, “Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai,” Peratur. Menteri PerHub. Republik Indones. Nomor Pm 65, 2020.

H. Putra, S. Jie, and A. Djohar, “Perancangan Sepeda Listrik Dengan Menggunakan Motor DC Seri,” J.L.H.E.A Mokodompit, 2017.

B. N. Kommula and V. R. Kota, “Performance evaluation of Hybrid Fuzzy PI speed Controller for Brushless DC motor for Electric vehicle application,” Conf. Daya, Control. Commun. Comput. Technol. Sustain. Growth, no. December, pp. 266–270, 2016.

M. Singh and A. Garg, “Performance evaluation of BLDC motor with conventional PI and fuzzy speed Controller,” India Int. Conf. Daya Electron., pp. 1–6, 2012.

A. Nurtriartono, “Rancang Bangun Dan Uji Peforma Axial Brushless DC Motor Dengan Daya Output 2000 Watt,” Inst. Teknol. Sepuluh Nop, vol. 1, no. 69, pp. 5–24, 2014.

M. Tegar, W. Wibisono, and M. Nur, “Rancang Bangun Dan Uji Performa Radial Brushless DC Motor Dengan Litz Wire,” Elkha, vol. 4, no. 1, pp. 4–7,2015,doi:10.26418/elkha.v13i1.41693.

A. Fauzi, “Analisa Konsumsi Daya Motor Listrik Pada Sepeda Motor Hybrid Dengan Variasi Laju Kecepatan Berbasis MicroController,” Skripsi, no. Tegal : Universitas Pancasakti Tegal, p. p.108, 2020.

V. Fikar, “Analisis Kebutuhan Daya Sepeda Motor Listrik Menggunakan Software MATLAB Smulink,” Universitas Balikpapan, 2021.

J. Jatmiko, A. Basith, A. Ulinuha, M. A. Muhlasin, and I. S. Khak, “Analisis Peroforma dan Konsumsi Daya Motor BLDC 350 W pada Prototipe Mobil Listrik Ababil,” Emit. J. Tek. Elektro, vol. 18, no. 2, pp. 55–58, Sep. 2018, doi: 10.23917/emitor.v18i2.6348.

Cummins Inc. 2010, Operation And Maintenance Manual Cummins QSK 60 MCRS. Columbus : PT Altrak 1978.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Agus Nurtriartono, Tri Setia Putra, & Maulana M. Ali Safe’i. (2023). Modifikasi Dan Uji Performa Sepeda Motor Konversi Listrik BLDC: Sepeda Motor Konversi Listrik. Jurnal Rekayasa Mesin Dan Inovasi Teknologi, 4(2), 280–286. Diambil dari https://jurnal.ftm.uniba-bpn.ac.id/index.php/REMIT/article/view/66

Terbitan

Bagian

Articles