PENGUKURAN LAJU KOROSI DAN UMUR PAKAI PELAT DASAR KAPAL TUG BOAT PRIMA STAR 7 DENGAN ULTRASONIC THICKNESS

Penulis

  • Patunru Pongky Universitas Balikpapan
  • Manaseh Universitas Balikpapan
  • Alex Kisanjani Universitas Balikpapan
  • Asriansyah Universitas Balikpapan

Kata Kunci:

Transportasi laut, laju korosi, umur pakai, pelat dasar lambung kapal, ultrasonic thickness

Abstrak

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. Sebagai negara kepulauan, trasportasi laut mempunyai kontribusi besar bagi perekonomian nasional dan daerah. Hal tersebut tercantum di dalam Undang-Undang No. 17 tahun 2008. Salah satu masalah besar bagi transportasi laut adalah korosi. Korosi dapat merusak kapal dan membahayakan keselematan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur laju korosi pada pelat dasar lambung kapal dan analisis umur pakainya. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan alat ultrasonic thickness pada titik-titik uji di pelat dasar lambung kapal tug boat prima star 7. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa laju korosi pada pelat dasar lambung kapal tug boat prima star 7 setiap tahunnya adalah 0,08 mm, dan perkiraan umur pakainya sekitar 25 tahun. Korosi yang terjadi hanya sebesar 4% dengan artian bahwa kapal tug boat prima star 7 masih layak untuk dioperasikan.

Referensi

BPS. “Statistik Sumber Daya Laut dan Pesisir 2017”, Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2017.

Y.B. Marewa dan E.M. Parinussa. “Perlindungan Pulau-Pulau Terluar Indonesia Berdasarkan Konsep Negara Kepulauan”, Paulus Law Journal, 2 (2020): 1-14.

D. Faturachman. “Analisis transportasi penyeberangan laut antar negara ASEAN (Indonesia, Malaysia, Thailand) studi kasus: Penyeberangan antar negara di pulau Sumatera (Belawan–Penang–Phuket)”, Jurnal Sains dan Teknologi, 7 (2017): 69-80.

U. Salamah. “Perlunya optimalisasi tol laut sebagai sarana penunjang peningkatan embangunan ekonomi Indonesia”, Jurnal Pena Wimaya, 1 (2021): 59-77.

Jusna dan T. Nempung. “Peranan transportasi laut dalam menunjang arus barang dan orang di Kecamatan Maligono Kabupaten Muna”, Jurnal Ekonomi, 1 (2016): 189-200.

C. Huda dan D.W. Sutjahjo. “Analisis laju korosi material alumunium 5083 sebagai aplikasi bahan lampbung kapal”, JPTM, 6 (2017): 17-24.

Salim. “Pencegahan korosi kapal dengan metode pengecatan”, Majalah Ilmu Bahari Jogja, 17 (2019): 91-97.

N. Ngatmin, H. Purwanto dan I. Riwayanti. “Analisis laji korosi pada plat baja lambung kapal dengan umpan anoda karbon alumunium”, Momentum, 15 (2019): 174-179.

R.A. Saputra, P.D. Setyawan, S. Sugiman dan A. Zainuri. “Perhitungan laju korosi dan perancangan sistem proteksi katodik anoda karbon di lambung kapal tugboat bontang 04 PT. Badak LG Bontang”, . Dinamika Teknik Mesin, 7 (2017): 87-91.

BKI. “Regulator For The Corrosion And Coating System, Edition 2004, Jakarta: Badan Klasifikasi Indonesia, 2004.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-05

Cara Mengutip

Pongky, P., Manaseh, M., Kisanjani, A. ., & Asriansyah, A. (2021). PENGUKURAN LAJU KOROSI DAN UMUR PAKAI PELAT DASAR KAPAL TUG BOAT PRIMA STAR 7 DENGAN ULTRASONIC THICKNESS. Jurnal Rekayasa Mesin Dan Inovasi Teknologi, 2(2), 127–132. Diambil dari https://jurnal.ftm.uniba-bpn.ac.id/index.php/REMIT/article/view/32

Terbitan

Bagian

Articles