Analisis Pengaruh Putaran Mesin 1000, 1500 dan 2000 RPM Terhadap Perpindahan Panas Pada Sistem Pendingin TOYOTA RUSH 1500 CC

Perpindahan Panas

Penulis

  • Yano Hurung Anoi sekolah tinggi teknologi industri bontang
  • Dimas Ifnu Pratama Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bontang
  • Ratnawati Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bontang
  • Saripah Sobah Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bontang

Kata Kunci:

Radiator, perpindahan kalor, sistem pendingin, efektifitas

Abstrak

Sistem pendingin pada mobil berfungsi untuk menurunkan temperatur pada mesin yang terjadi akibat pembakaran dari ruang bakar. Sistem pendingin pada mesin menggunakan suatu alat yang berupa Radiator. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh putaran mesin terhadap perpindahan kalor dalam sistem pendingin dan Seberapa besar pengaruh putaran mesin terhadap perpindahan kalor dalam sistem pendingin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh putaran mesin terhadap perpindahan kalor dalam sistem pendingin Toyota Rush 1500cc. Penelitian ini menggunakan suatu alat penelitian yaitu mesin Toyota Rush 1500cc dan thermogun. Penelitian yang dilakukan dengan jalan memvariasikan waktu penelitian dan putaran mesin, mengukur suhu udara sebelum dan setelah menumbuk radiator dan mengukur suhu air pendingin sebelum masuk dan setelah keluar dari radiator. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisa data Diskriptif. Berdasarkan analisa dengan menggunakan grafik hubungan perpindahan panas, suhu air pendingin dan perpindahan kalor maupun Efektifitas, bahwa nilai Efektifitas Radiator akan meningkat sebanding dengan putaran mesin. Berdasarkan analisa ditarik kesimpulan, bahwa nilai Efektifitas pada waktu 5, 10 dan 15 menit nilai nya 1,217. 1,889 dan 2,030 maupun Perpindahan Kalor meningkat seiring meningkatnya putaran mesin pada waktu 5, 10 dan 15 menit nilai nya 20,379. 25,442 dan 29,223 maupun sebalik nya perpindahan kalor menurun dan efektifitasnya. Dalam penelitian ini dapat diperuntukan untuk sistem pembelajaran perpindahan kalor dalam pendingin mesin Toyota Rush 1500cc.

Referensi

A. Syamsudin and Supardi, 2022 “Analisis pengaruh fluida pendingin radiator dan putaran mesin terhadap kapasitas radiator dan efektivitas penyerapan panas Honda mobilio tipe DD4 MT 1.5E,” J.Prosiding Senakama. Vol.1

Astra Motor. 1995 ”New Step I Training Manual,” Jakarta : PT. Toyota Astra Motor.

Astra Motor. 1995 ”New Step II Training Manual,” Jakarta : PT. Toyota Astra Motor.

D. A. D. Hersandi and I. M. Arsana, 2018 “Pengaruh jenis fluida pendinginan terhadap kapasitas radiator pada sistem pendinginan mesin Daihatsu xenia 1300cc,” JPTM, Unif. Negeri Surabaya, Vol.6 No.3, pp. 41-52

D. F. Simamora, F. P. Sappu, T. T. Y. Ulaan, 2014 “Analisis efektivitas radiator pada mesin Toyota kijang 5k,“ J. Online poros Tek. Mesin Universitas Sam Ratulangi Vol.4 No.2

Daryanto. 1995 “Reparasi Sistem Pendingin Mesin Pendingin,” Jakarta : Bumi Aksara.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Yano Hurung Anoi, Dimas Ifnu Pratama, Ratnawati, & Saripah Sobah. (2023). Analisis Pengaruh Putaran Mesin 1000, 1500 dan 2000 RPM Terhadap Perpindahan Panas Pada Sistem Pendingin TOYOTA RUSH 1500 CC: Perpindahan Panas. Jurnal Rekayasa Mesin Dan Inovasi Teknologi, 4(2), 264–268. Diambil dari http://jurnal.ftm.uniba-bpn.ac.id/index.php/REMIT/article/view/64

Terbitan

Bagian

Articles